Rabu, 08 Februari 2012

Menikmati pemberianNya...



Share sedikit tentang pengalamanku ya teman, semoga dapat diambil hikmah dibalik ceritaku ini(◕‿-)
Hari itu tanggal 30 Januari 2012, tepatnya hari Senin. Hari itu aku masih disibukkan kesana kemari demi mengemban tugas negara(_) , halach maksudku tugas yang sangat penting untuk masa depanku, tidak lain tidak bukan adalah survei skripsi yang sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiranku. Yach sudah sewajarnya seperti itu, jika gak nyita namanya bukan mahasiswi,,hmmm
Survei dengan nyebarin kuesioner ke seluruh koperasi di surakarta sangat melelahkan untukku, mungkin untuk orang lain “ahh gampang, disolo kan banyak koperasinya” tapi untukku beraaaattt. Berat disini karena aku gak tau jalan solo (payahhhh udah tinggal disolo 11 tahun tapi buta jalan(¬_¬))
Buat sampel 40 kalo 1 koperasi cuma dapet 2 orang pegawai akuntansi, paling engga harus dapat 20 koperasi, waktu yang sangat mepet plus diriku yang buta jalan membuatku ingin menyerah (stresss dikit)
Tapi melihat orangtuaku ikut bingung gara2 ini membuatku sedikit bersemangat (gak mau lihat ortu sedih) (╥_)
Flashback.....
Yah memang awal mulanya berawal dari kecerobohanku sendiri. Karena terjadi masalah perasaan semua jadi rada kacau, proposal yang harusnya selesai, gara2 gak konsen jadi tertinggal beberapa bulan. Huft, plus ditambah surat pengantar dari kampus yang lumayan lama prosesnya. Padahal surat pengantarnya udah selesai tapi malah dicap dulu sama ibunya dikjar,,,hiks, harusnya dicopy banyak dulu baru dicap (yah sudahlah gak papa, saia maafkan bu...).
Sambil nunggu proses pengerjaan surat pengantar, yah muter2 dulu nyari2 biar cepet. Dengan yellow pages, aku telusuri alamat2 koperasi yang ada dikota solo. Hasilnya ada yang pindah, ada yang bangkrut, gak ketemu..(hisss apa perlu minta bantuan ayu ting2 nyari alamatnya???). Sambil bersenandung sedikit (kemana...kemana..kemana... ala ayu ting2), aku terus melaju dengan motor mio biruku yang udah lecet sana sini gara2 sering jatuh (heemmm sangat ceroboh). Muter-muter sambil tanya2 alamat dengan cuaca yang suangat panas membuat kulitku semakin hitam (sambil ngaca...). Dari mulai tanya ortu, saudara, orang yang lagi duduk2 dipinggir jalan, ibu2 yang lagi jualan makanan, sampai bapak2 tukang parkir sudah jadi makanan sehari-hari, tapi tetep aja tersesat dijalan..(untung bisa pulang,,hahaha,, sempet telp rumah gara2 panik gak bisa pulang hahaha) (,)
Waktu itu hari sabtu tanggal 28 Januari surat pengantar udah jadi, udah dicopy n udah dicap, tinggal disebarin aja kuesionernya. Dimulai nyebar kuesioner didaerah Nusukan, alhamdulilah lancar managernya lumayan ramah. Lalu berlanjut ke jalan tentara pelajar, sayang sekali tutup coz hari sabtu kata pak satpam. Dilanjutin lagi kedaerah mojosongo ya yang deket2 dulu dari rumah. Ketemu managernya ya sedikit tidak bersahabat, alias banyak persyaratan, harus kasih surat khusus buat koperasi itu, harus wawancara langsung, alasan yang memperkuat dugaan ditolak adalah “ngisi kuesioner ini itu cara konvensional, anda mengganggu kerja pegawai saya” alhasil pulang dengan tangan kosong. Dikarenakan hari Sabtu banyak koperasi yang tutup kuputuskan melanjutkan dihari Senin.
Tadi flashback nya, kembali ke laptop yach. (Hari Senin tanggal 30 Januari 2012)
Sekitar jam 9 nan aku udah bergegas berangkat (mumpung belum panas, tapi cuacanya mendung, takut kehujanan juga sih,,,, serba bingung). Dengan tekad yang menggebu-nggebu, mulai kumasuki koperasi demi koperasi. Muter sana, muter sini, bensin yang baru aja kuisi 1 liter langsung sekarat...
Dimulai dari jalan sumpah pemuda, koperasinya tutup tapi sepertinya tempatnya dah gak digunaiin. Sedikit kecewa, tapi masih dengan semangat kuteruskan perjalanan. Koperasi yang kemaren kata pak satpam tutup sekarang buka. Setelah memberi tahu keperluan sama pak satpam, trus pak satpam ketemu sama petingginya. Alhamdulilah bisa survei disini, tapi ditinggal rada lama, coz akhir bulan pegawai sedang sibuk2nya (I know). “Diambil kapan?”, “Nanti akan dihubungi, silahkan tulis no hp disini” kata pak satpam (berharap cepat selesai dan dihubungi).
Daerah Nayu sekarang jadi targetku, alhamdulilah lancar. Mbaknya minta no hpku biar bisa dihubungi kalo udah selesai (semoga cepat dihubungi, amin), mbak2 ramah (trimakasih semoga mbaknya slalu diberi kemudahan sama Allah,, Amin). Lalu berlanjut dideket dr.oen, alhamdulilah diterima (berharap cepet dihubungi juga...)
Diteruskan didaerah Jagalan, “Maaf gak boleh sama pengurusnya” kata mbaknya, sedikit kurayu biar diijinin tapi hasil nihil (bukan rejekiku...). Sedikit prasaan kecewa tapi tetap kuteruskan perjuanganku. Berlanjut ke daerah kampung sewu, koperasi pertama lancar (mbaknya yang cantik semoga diberkahi sama Allah). Tapi terjadi penolakan di koperasi kedua di daerah itu (lesuuu mendadak...). Walaupun sedikit lesu harus tetep semangat. Yeah daerah jagalan ternyata ada koperasi lagi, dengan sedikit nego sama managernya bla bla bla, berhasil dan tinggal nunggu dihubungi.
Ngeng...ngeng..ngeng... sampai ke daerah banjarsari, melewati smp 4 surakarta (membuatku kangen serasa pengen sekolah lagi disitu...).
Waktu pengen nyebrang ketempat koperasi XXX, aku liat nenek yang sudah sangat sepuh (tua) lagi jongkok sambil milah2 kacang kulit pas disamping koperasi itu (ya Allah ndak tega liatnya ).
Yah hasilnya ditolak lagi sama mbake dengan alasan sangat sibuk, “ya udah mb, tapi nanti saya kesini lagi awal bulan ya mb” kataku dengan sedikit memaksa. Keluar dari koperasi, ada pak supir (pegawai koperasi situ juga kayaknya) memberitahuku lokasi2 koperasi yang lain (makasih banyak ya pak, smoga bapak dan keluarga diberi rejeki yang banyak sama Allah, Amin).
Waktu itu sebenarnya aku mau langsung pulang karena badan sudah sangat capek. Tapi aku liat nenek itu masih disitu (nenek yang sedang milah-milah kacang tadi). Motor aku titipin ke pak supir, lalu aku pergi ke nenek tadi.
Aku ambil dompet, waktu itu di dompet cuma ada 6 ribu rupiah (maklum lagi bokek, duit abis buat skripsi, hikss). Langsung aku kasih ke nenek tadi, aku pegang tangannya sambil mengobrol:
(Maaf aku gak begitu mahir berkrama inggil, jadi aku berbicara pake bahasa jawa sebisaku aja)
Aku: mbah,, menika wonten arta semanten dingge dhahar njih mbah (nek, ini ada uang segini buat makan ya nek)~~~ sambil nangis sesegukan (padahal dipinggir jalan rame, cuek aja lah)
Nenek: Matur nuwun,,(trimakasih)
Aku: Ngapunten njih mbah, kula sanget’e nyaosi semanten..(maaf ya nek, saya cuma bisa kasih segini)
Nenek: Matur nuwun, mbahe mboten saget mbales napa-napa, wonten mung kacang (trimakasih, nenek tidak bisa membalas dengan apa, cuma ada kacang)~~~makin nangis n tanganku menggenggam tangannya semakin kuat, pengen banget meluk, jadi tringat eyang utiku...
Aku: Griyanipun pundi mbah??? Putrane pundi mbah?? (rumahnya dimana nek? Anaknya dimana?)
Nenek: Njepara,, njenengan pundi daleme?, Kula dewe wonten mriki, wau dodol kates (jepara, kamu rumahnya dimana? Aku sendiri disini, tadi jualan pepaya)~~~sedikit gak nyambung, maklum udah sepuh (tua)
Aku: Karanganyar mbah, mbahe dhahar sing khatah njih mbah... artane dingge dhahar sing khatah mbah (karanganyar nek, nenek makan yang banyak ya nek...uangnya buat makan yang banyak nek)
Nenek: nggih... (iya)~~~liat aku nangis, neneknya jadi ikut nangis,, gak tegaaaaaaaaa aaaaaa......
Aku: Mbah, nyuwun pangestunipun njih mbah,, ngatos-atos njih mbah (nek, minta restunya ya nek...ati-ati ya nek..)
Nenek: mbahe mung saget doake, mugi sehat, diparingi rejeki kathah, bla bla bla (nenek cuma bisa mendoakan, semoga sehat, dikasih rezeki yang banyak bla bla bla,,~~~ aku lupa kata-katanya yang jelas dia mendoakan aku dengan tulus...
Aku: Amin amin mbah, nggih sampun,,, wangsul rumiyin njih mbah, mbahe ngatos-ngatos, dhahar khatah njih mbah (amin amin nek, ya sudah... pulang dulu ya nek, nenek ati-ati, makan yang banyak ya nek)~~~aku mulai melepaskan gengaman tanganku....
Aku beranjak pergi dari nenek itu, kuliat nenek itu trus melihatku sambil mengusap airmatanya..
Kuliat wajahku di kaca spion motorku, haaaaa berubah sangat merah,,,(kalo nangis emang mukaku jadi merah, dari mulai hidung, mata yang jadi sembab). Tak lupa aku berterimakasih n pamit sama pak supir tadi, tanpa kusadari ternyata ibu2 diseberang jalan memperhatikanku (apa dikira acara “tolongggg” mungkin hissss)
Perjalanan pulang, aku masih nangis ampe jilbabku basahh sahh kena airmataku. Kukendarai motor sambil masih mikirin nenek tadi...
Berkaca dari pengalaman tadi, aku jadi semakin menghargai dan sangat bersyukur dengan kehidupanku. Masih bisa makan, masih bisa minum, masih bisa sekolah dll.
Apa masih pantas kita mengeluh????
Kita sering mengeluh ini lah itu lah. Misalkan mulai dari hal yang paling kecil, emmm makanan. “Kog makanannya ini ini lagi sich???, aku pengen makan yang itu itu itu”. Apa masih pantas kita ngomong sperti itu? Nenek tadi mungkin seharian belum makan aja gak ngeluh. Nenek mencari uang dengan memungut kacang-kacang di pasar lalu memilah-milah kacang yang bagus dan menjualnya demi mendapatkan uang untuk makan, untuk bertahan hidup. Sedangkan kita yang sudah diberi fasilitas dar orangtua yang lebih dari cukup masih sering mengeluh.
Bersyukur,,, adalah satu kata untuk merubah hidup kita. Bersyukur dari hal-hal paling kecil. Mungkin kita pernah berfikir kalo kita serba kekurangan, tapi lihatlah orang-orang yang jauh dibawah kita. Jangan slalu lihat keatas, tapi lihat juga ke bawah. Bukan berarti lihat ke atas itu jelek, itu baik jika kita berfikir dengan bijak. Melihat keatas...”Aku ingin kaya, sukses seperti dia” memiliki cita-cita dan impian dan akhirnya bersemangat untuk mengejarnya. Dan melihat ke bawah agar kita tahu betapa beruntungnya kita masih diberi nikmatNya.
Semoga cerita ini bermanfaat sebagai gambaran betapa indahnya dunia ini jika kita bersyukur dan mau berbagi kepada sesama,,,, Allah Maha Adil dan Allah mencintai orang yang bersyukur kepadaNya....

5 komentar:

Unknown mengatakan...

hmmmm kalo BMT termasuk koperasi ga yah??? coba ajah tuh ke banyuanyar dekat radio dakwah syari'ah depan masjid mujahidin. . .

waaaaaaaaaaah. . .jazakumulloh khoiron katsiro anti. . .MasyaAllah keren sekali

KitRy mengatakan...

BMT mah syariah :(
udah 25 koperasi kira-kira yg udh didatangani tp ya cm dpt 15 koperasi, alhamdulilah lah hehe

bersyukur bersyukur itu nikmat, MasyaAllah,,,\(^.^)

Unknown mengatakan...

jadi ga boleh di BMT ya??? :D
sudah coba di daerah perumahan fajar indah?? daerah jajar. . .sepertinya ada
waaah jadi tinggal 5 lagi. . .semangat2

orang yang paling berbahagia adalah orang yang pintar mensyukuri nikmat. . .MasyaAllah :)

Nurmayanti Zain mengatakan...

makanya ry jangan pernah putus semangat ya :)
--ry harus kuat, ry gak boleh tenggelam lagi ^^
alhamdulillah data udah terkumpul, tinggal dikit lagi biar bisa wisuda XD fight, ry!

usaha + doa + tawakkal
ingat, jangan bersedih!

lia yu_ cute mengatakan...

kalian luarrr biasaaa....eh salah kamu luar biasa...
nah klo kaya gni baru gw acungin jempol,,gtu dnk....kaya ke nenek itu loh
wait,,,wait,,wait btw dirimu kyanya gag pernah deh semanis itu dh ama gw hahahhaha

Posting Komentar